5 Fakta Tentang Kopi

IMG_20150309_121227.jpg

CelekitKopi – Bagaimana seharusnya menyimpan kopi agar kopi tidak berubah kualitasnya? Air mendidih atau air hangat yang sebaiknya digunakan untuk menyeduh kopi? Aga, barista dari Tanamera Coffee memaparkan 5 fakta tentang kopi saat acara GH Experience awal Maret lalu. Wajib diperhatikan oleh Anda para pencinta kopi. Baca pos ini lebih lanjut

10 Manfaat Minum Kopi Pagi hari

10-Manfaat-Minum-Kopi-Pagi-hari.jpg

Celekit Kopi – Kopi sangat populer sebagai minuman di pagi hari untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar, dan juga umum digunakan sebagai minuman untuk menemani di saat tidur larut malam.

Walaupun tidak dikategorikan sebagai makanan/minuman kesehatan, tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi –bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari– memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian sepanjang 13 tahun –dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang– yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Dan berikut manfaat kopi bagi tubuh :

1. Mencegah penyakit batu empedu
Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

2. Mencegah depresi
Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine.”

3. Peningkatan memori
Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

4. Mengurangi resiko diabetes
Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Sebuah laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ kemudian menjelaskan alasannya. Yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Menurunkan resiko kanker
Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh
Kopi dapat membantu Anda mempertahankan – atau bahkan menurunkan- berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

7. Menurunkan resiko penyakit Parkinson
“Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 juga menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

8. Kandungan antioksidan
Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam unrutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

9. Meningkatkan kinerja dan performa
Kopi – dan kafein di dalamnya – telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan – bahkan ketika kurang tidur – jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

10. Mencegah encok
Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

Ramuan Kopi Nikmat di Tiga Negara

1418627953.jpg

Celekit Kopi – Tak hanya sekedar diseduh dengan air panas dan ditambahkan gula, kopi bisa diolah dengan berbagai cara dan campuran. Hasilnya, berupa minuman nikmat yang kaya rasa. Baca pos ini lebih lanjut

Minum Kopi Bersihkan Pembuluh Arteri Jantung

Celekit Kopi – Studi dari Korea menemukan efek menyenangkan dari minum kopi. Minum beberapa cangkir kopi sehari membantu pembuluh arteri menghindari penyumbatan penyebab penyakit jantung. Baca pos ini lebih lanjut

Menikmati kopi robusta susu

Kopier… Inget kemaren saya bahas menikmati dengan numbuk sendiri eh sebenernya sih bukan numbuk tapi diulek, jadi kopi ngulek sendiri, walau ngulek sendiri tapi hasilnya halus juga sih. Pasti pada nanya kok ngulek sih, alasannya karena gak punya alan grinder buat kopi, eh kemaren sudah diceritain deng.

Baca pos ini lebih lanjut

Ngopi pinggir jalan

Kopier… kebiasaan lama nih hehehe sejak dari jaman kuliah sampe sekarang gak bisa hilang, kebiasaan ngopi, tapi yang tidak bisa hilang tetep kopi kaki lima. Tapi kalau di Jakarta tidak ada warung kopi seperti di Surabaya Baca pos ini lebih lanjut

Kopi Arabika Java

Kopier… Ketemu lagi nih, kali ini abis kita kemaren bahas kopi biji yang ditumbuk sendiri sekarang kita bahas ngopi jenis kopi yang terkenal. Kopi ini jarang sekali ditanam di jawa atau hanya sedikit jumlahnya. Hal itu menyebabkan harga jual biji kopinya mahal, sampai-sampai harga eceran bubuk kopinya menjadi mahal juga, harga bubuk kopi arabika java harganya sama mahalnya dengan Toraja Kolasi, tapi dibeberapa merek masih lebih mahal Toraja Kolasi. Baca pos ini lebih lanjut